Monday, August 26, 2019

Istilah Likuifaksi tdi anah Kota Palu

Pada saat gempa serta tsunami menyerang.menimpa Kota Palu serta sekelilingnya, pada 28 September 2018 lalu, daerah-daerah seperti Kelurahan Petobo alami petunjuk alam yg disebutkan likuifaksi.

Proses yg berlangsung sebab gempa ini mengakibatkan bermacam rumah jatuh, cuit Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Info serta Humas di Tubuh Nasional Penanggulangan Petaka (BNPB) .

" Permukaan tanah bergerak serta amblas hingga semua bangunan hancur. Proses geologi yg sangatlah mengerikan. Diprediksikan korban teperdaya di wilayah ini, " cuit Sutopo.
Simak Juga : contoh teks eksplanasi singkat

" Likuifaksi itu lebih terhadap larutnya satu benda padat ke benda cair. Berkaitan sama gempa bumi ini, di daratan itu kan di bawahnya ada air tanah, demikian ada getaran, beberapa barang padat di atas itu akan melarut, teraduk karena itu getaran. Jadi melarut dengan air tanah di bawahnya, " kata Agustan, pakar geologi di Tubuh Pengkajian serta Aplikasi Tehnologi (BPPT) .

Palu : Tsunami serta gempa, 844 wafat, pengungsi kesusahan sembako serta air bersih
Tsunami serta gempa Palu : Apa benar ada keonaran di lapangan terbang?
Gempa serta tsunami Palu : Jokowi kabarkan Indonesia terbuka untuk dukungan internasional

Lokasi Petobo di Kota Palu yg alami likuifaksi.
Likuifaksi dimisalkan Agustan sama dengan kala kita mengeduk air serta pasir di botol. Barang padat seperti pasir akan berubah jadi cair.

Pada pakar melihat wilayah yg terserang gempa di hari Jumat (28/09) memang riskan berlangsungnya likuifaksi sebab formasi tanah yg berpasir.

Lompati Instagram pesan oleh bbcindonesiaHentikan Instagram pesan oleh bbcindonesia
" Biasanya itu berlangsung pada tanah yg berpasir. Ia mesti bosan air, gampang terbenang air. Sewaktu ia alami guncangan jadi air itu akan punyai desakan yg berlebihan sebab ia menggerakkan kesana kesini serta menggerakkan partikel pasir atau tanah yg tak lengket, " kata Taufiq Wira Buana, periset Tubuh Geologi, kementerian Kekuatan Sumber Daya Mineral (ESDM) terhadap Nuraki Aziz buat BBC News Indonesia.

Tanah sejenis itu kebanyakan yg gampang bersentuhan dengan air.

" Air biasa, air yg ada di tanah itu, mungkin orang umum memakannya jadi air tanah. Memang ketentuannya, air itu kebanyakan dangkal, dekat sama permukaan tanah, kira-kira sekitar 10 mtr., " sambung Taufiq.

Enam tahun kemarin, ESDM telah lakukan analisis berkaitan tanda-tanda alam ini di sebagian tempat, terhitung di Sulawesi Tengah.

" Di Palu itu memang kemampuan likuifaksi memang benar ada. Tahun 2012 kita telah mengidentifikasi kota Palu sendiri, pada sisi tengah rata-rata endapan berusia masih tergolong muda, banyak pasir, lumpur yg belumlah juga terikat, masih gembur, " kata Taufiq.

Tanah di Perumahan Balaroa drop sehabis gempa-tsunami menyerang.menimpa Kota Palu serta sekelilingnya, pada Jumat (28/9) .
Likuifaksi, tambah Taufiq, tinggal tunggu waktu.

" Pemicunya, antara lainnya yakni sesar Palu Koro melalui disana, " pungkasnya.
Artikel Terkait : pengertian teks eksplanasi

Gempa serta tsunami Palu : Alat berat banyak yang datang, usaha evakuasi di Hotel Roa-Roa makin sungguh-sungguh
Pendeteksi tsunami beberapa ratus miliar rusak, peringatan petaka tak 'akurat'
Kejadian korban selamat tsunami Palu : 'Tergulung ombak serta kehilangan istri sampai 'terdengar suara tolong-tolong'
Likuifaksi ini memang sering berlangsung kala gempa kuat berlangsung di beberapa tempat, namun situasi permukaan bumilah yg tentukan berlangsungnya longsor, menurut Agustan, pakar geologi di Tubuh Pengkajian serta Aplikasi Tehnologi (BPPT) .

" Contoh waktu gempa Tasikmalaya tahun 2009, itu ada likuifaksi nampak. Namun mungkin sebab di wilayah itu topografinya datar peluang lumpur saja, tak mengakibatkan longsor. Nah jika insiden di Palu tempo hari, insiden ada longsor sebab mungkin topografinya lebih terjal, " ujarnya.

Belajar dari Jepang
Mengingat beberapa lokasi Indonesia ada di wilayah Cincin Api Pasifik jadi peluang berlangsungnya likuifaksi selamanya ada.

Namun memang ada beberapa aksi yg dapat dijalankan buat mengantisipasinya, seperti lakukan pemetaan petaka yg lebih komplet semisalnya.

" Pemetaan, inventarisir daerah-daerah yg riskan petaka, terhitung survey likuifaksinya. Serta kaya'nya ini yg belum terbangun di Indonesia, datanya masih spot-spot saja wilayah yg telah dipetakan. Selayaknya kota-kota itu telah dipetakan tingkat kerawanan bencananya, apa petaka likuifaksi, gempa serta jadi jenis, " kata Agustan dari BPPT.

Likuifaksi berlangsung di Kota Hokkaido, Jepang, pada saat gempa menyerang.menimpa lokasi itu pada awal September kemarin.
Disamping itu, Indonesia dapat juga belajar dari negara lain seperti Jepang buat hadapi peluang berlangsungnya gara-gara mengakibatkan kerusakan likuifaksi serta pemanfaatan pemetaan untuk gagasan tata area kota.

" Kita lakukan analisis itu awalannya yakni buat peruntukan tata area. Jadi memberikannya saran ke pemda buat mengendalikan tata ruangannya beraspek petaka, petaka geologi, antara lainnya likuifaksi, " kata Taufiq Wira Buana dari ESDM.

" Masih bisa dibuat bangunan asal penuhi beberapa kaidah tahan gempa. Tak baik buat rumah yg tingkat tinggi, tingkat tiga atau empat. Saya cermati yg memiliki biaya murah di Jepang, itu antara lainnya dengan rumah kayu, " makin Taufiq.

No comments:

Post a Comment