Saturday, March 9, 2019

Yuk Simak Rupiah Jadi Mata Uang Terlemah di ASEAN

Urutan nilai rubah Rupiah pada dolar AS ini hari benar-benar mengenaskan. Data Bloomberg menuturkan, nilai rubah Rupiah ditutup pada level Rp14. 314 per dolar AS pada Jumat (8/3/2019) . Urutan ini jatuh cukuplah dalam ialah melemah 1, 21% ketimbang urutan tempo hari yg ada di level Rp14. 142 per dolar AS.

Ekonom INDEF Bhima Yudhistira mengemukakan, ketimbang sekian banyak negara ASEAN, Rupiah berubah menjadi mata uang yg sangat kritis alami pelemahan.

" Kita yg terparah. Rupiah melemah 1. 24%, Thailand Bath melemah 0. 13%, Dolar Singapura malahan kuat 0. 08%, " kata Bhima terhadap Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (8/3/2019) .

Ia mengemukakan, pelemahan Rupiah kesempatan ini berlangsung gara-gara data export China memberikan penurunan terburuk pada bulan Februari sejak mulai tiga tahun waktu lalu. Sesaat import China turun tiga bulan berturutan. Masalah ini menyebabkan kegalauan investor pada kemampuan perdagangan negara beda di Asia.
Baca Juga : negara negara ASEAN

" Lantas estimasi ECB kalau kemampuan ekonomi uni eropa bakal mengalami penurunan tahun ini. Sentimen global bikin investor melewatkan asset yg berdampak, " katanya.

Sesaat dari factor domestik, lanjut Bhima, pelemahan Rupiah lebih di pengaruhi oleh laporan akunting emiten. Tidak hanya itu bulan Maret-April adalah musim bagi-bagi dividen hingga kepentingan valasnya besar.
Lihat Juga : apa itu MEA

" Jadi investor mengambil dividen dikonversi ke valas terus di kirim ke negara aslinya. Kedepan Rupiah diramalkan bakal menyambung pelemahan di level Rp14. 300-14. 350 per dollar AS, " tutupnya.

No comments:

Post a Comment