Friday, September 6, 2019

Jangan Lewatkan Cara Menghitung Persen di Excel

Dalam pemrosesan data arti prosen atau perbandingan sudah pasti tidak asing . Perbandingan bisa dikatakan sebagai perseratus. Arti kalkulasi ini menunjuk pada suatu perbandingan atau rasio yg menjelaskan pecahan dari seratus. Perbandingan seringkali dideskripsikan dengan lambang '%'

Satu diantara software pengolah data berwujud angka yg amat tenar ialah Microsoft Excel. Software garapan Microsoft ini sangat mungkin Anda buat memproduksi data angka. Dengan beberapa rumus khusus Anda bisa menuntaskan perhitungan-perihitungan angka singkat kata.

Nah, satu diantara potensi olah angka pada Microsoft Excel ialah mengalkulasi perbandingan satu data. Ada cara-cara mengalkulasi prosen di Excel. Trik mengalkulasi prosen di Excel cukup gampang diaplikasikan serta tentunya bakal berfaedah untuk pekerjaan pemrosesan data angka Anda.

Selanjutnya trik mengalkulasi prosen di Excel yg sukses Liputan6. com kumpulkan dari halaman sah Microsoft, Selasa (26/2/2019) .
Simak Juga : rumus excel lengkap


Trik mengalkulasi prosen di Excel yaitu dengan mengimplementasikan fotmat perbandingan pada lembar kerja Excel. Buat mengimplementasikan format perbandingan dalam waktu cepat ke sel yg diseleksi, Anda cukup click simbol ‘%’ dalam group Angka pada tab Teras, atau tekan Ctrl+Shift+%.

Memformat sel yg udah berisi angka

Kalau Anda mengimplementasikan format Perbandingan pada angka yg udah ada di dalam lembar kerja, Excel bakal mengalikan angka itu dengan 100 buat merubahnya jadi perbandingan. Umpamanya, kalau satu sel berisi angka 10, Excel bakal mengalikan angka itu dengan 100, yg bermakna angka yg Anda tambahkan bakal menjadi 1000. 00% selesai mengimplementasikan format Perbandingan.
Artikel Terkait : rumus terbilang excel tanpa macro

Buat memperlihatkan perbandingan dengan tepat, sebelum Anda memformat angka jadi perbandingan, yakinkan angka itu udah dihitung jadi perbandingan, serta dipertunjukkan dalam format desimal.

Perbandingan dihitung gunakan padanan banyaknya / keseluruhan = perbandingan. Umpamanya, kalau satu sel berisi rumus =10/100, hasil penghitungannya ialah 0. 1. Kalau Anda lantas memformat 0. 1 jadi perbandingan, angka itu bakal dipertunjukkan secara benar jadi 10%.

Memformat sel kosong

Kalau Anda mengimplementasikan format Perbandingan ke sel kosong, lalu menuliskan angka ke sel itu, hasilnya sedikit akan tidak serupa. Angka yg sama serta tambah besar dari 1 bakal diubah jadi perbandingan dengan default, serta angka yg lebih kecil dari 1 bakal dikalikan 100 buat mengonversinya jadi perbandingan.

Umpamanya, menuliskan 10 atau 0. 1 bakal membuahkan 10. 00%. Kalau Anda tidak akan memperlihatkan dua angka 0 selesai titik desimal, Anda bisa memformatnya pada setting decimal.


Tingkatkan atau turunkan angka berdasar perbandingan

Kalau Anda belanjakan rata-rata Rp 25. 000 tiap minggu, serta ingin mengirit pengeluaran mingguan sebesar 25%, berapakah banyak yg dapat Anda membelanjakan? Atau, kalau Anda ingin menaikkan alokasi makanan mingguan Rp 25. 000 sebesar 25%, berapakah alokasi mingguan baru Anda? Berikut trik mengalkulasi prosen di Excel buat tingkatkan serta turunkan Angka :

Kalau B2 ialah banyaknya yg Anda membelanjakan, serta C2 ialah perbandingan yg bakal dikurangi dari banyaknya itu, Anda bisa masukkan =B2* (1-C2) di D2 buat paham hasilnya.

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Dalam rumus ini, 1 dipakai buat memperlihatkan 100%. Demikian juga, kalau Anda ingin menaikkan banyaknya itu sebesar perbandingan khusus, tambahkan =B2* (1+C2) di D2.


Mengalkulasi banyaknya berdasar perbandingan
Kalau Anda beli computer seharga Rp 800. 000 serta dikenai pajak penjualan 8, 9%, berapakah banyak yang wajib Anda bayar buat pajak penjualan itu? Dalam perumpamaan berikut, Anda ingin menemukannya 8. 9% dari 800. 000. Trik mengalkulasi prosen di Excel buat mengalkulasi banyaknya berdasar presentasi yaitu dengan memadukan beberapa rumus selanjutnya.

Kalau B2 ialah harga serta C2 ialah pajak penjualan, Anda bisa menuliskan rumus =B2*C2 di D2, seperti diperlihatkan di sini :

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Rumus ini mengalikan 800. 000 dengan 0. 089 (perbandingan basic berbentuk desimal) buat menemukannya pajak penjualan yang wajib dibayar.



Mengalkulasi perbandingan berdasar dua banyaknya
Kalau satu orang siswa memperoleh nilai 42 point benar dari 50 dalam satu tes, berapakah perbandingan jawaban yg benar?

Dalam perumpamaan berikut, kalau angka di B2 ialah point yg dijawab secara benar serta angka di C2 ialah keseluruhan point yg mungkin, Anda bisa menuliskan rumus =B2/C2 di D2 buat paham nilainya.


Rumus ini membagi 42 dengan 50 buat menemukannya perbandingan jawaban yg benar. (Dalam contoh yg diperlihatkan di sini, nilai diformat jadi perbandingan tanpa ada memperlihatkan angka desimal. )


Mengalkulasi banyaknya berdasar banyaknya lain serta perbandingan
Misalnya, harga discount satu pakaian ialah Rp 15. 000, sebagai potongan 25% dari harga aslinya. Berapakah harga aslinya? Dalam perumpamaan berikut, Anda ingin paham 75% dari satu angka yg sama juga dengan 15. 000

Kalau B2 ialah harga discount, serta C2 ialah 0. 75, yakni 100% minus discount 25% (dalam format desimal) , Anda bisa masukkan rumus =B2/C2 di D2 buat paham harga aslinya.


Rumus ini membagi harga discount dengan perbandingan yg dibayarkan buat paham harga aslinya.

No comments:

Post a Comment