Friday, November 29, 2019

Yuk Intip Usung Smart City, Pekanbaru Jadi Kota Percontohan Indonesia

Searah dengan bergulirnya otonomi wilayah serta bergantinya kepemimpinan, kota Pekanbaru terus berkembang cepat berubah menjadi satu smart city yang mengagumkan di Indonesia pada sebuah dekade paling akhir ini. Dengan pencapaiannya, gak bingung apabila kota usaha ini jadikan jadi referensi buat kota yang lain.

Pekanbaru Angkat Ide Smart City Madani

Dari sisi perekonomian regional, Pekanbaru udah berperan dengan menggapai peredaran uang paling besar di Indonesia di luar pulau Jawa atas beberapa pekerjaan layanan, perdagangan serta industri (MICE serta manufaktur) .
Simka Juga : masyarakat madani adalah

Lantaran pencapaiannya, Presiden Joko Widodo menyebutkan Pekanbaru jadi kota hari depan yang bertindak jadi Ibu Kota dari pulau Sumatera. Studi Mc. Kinsey serta Boston Consulting Grup pada tahun 2012 pula menyatakan Pekanbaru punyai prospek jadi wilayah maksud investasi paling baik di Indonesia pada tahun 2030.

Akan tetapi, kesuksesan serta perubahan ini tidak lepas dari kombinasi di antara kepemimpinan wali kota serta support warga unggul atau madani.

" Ini ialah hasil kapasitas serta usaha keras pemerintah bersama dengan semua komponen warga kota Pekanbaru dalam bangun serta jaga ibukota Propinsi Riau serta wujudkan Pekanbaru jadi Smart City Madani, " kata Wali Kota Firdaus.

Walau tidak punyai sumber daya alam jadi modal, visi yang diusung pasangan Wali Kota serta Wakil Firdaus-Ayat pada ke dua periode kepemimpinannya (2012-2017 serta 2017-2022) ini sukses jadikan Pekanbaru jadi satu smart city madani.

Dengan mengutamakan pembaharuan serta kreativitas dalam penambahan mutu penyelenggaraan pemerintahan, kota pandai ini sukses menggapai Indeks Pembangunan (IPM) sebesar 80, 66 yang perlihatkan tingkat pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan warga. Dengan IPM yang paling tinggi di Riau (72, 44) dan di atas rata-rata nasional (71, 39) atau Jakarta (80, 47) , kemajuan Pekanbaru pantas dihargai.

Perolehan Pekanbaru yang Berubah menjadi Referensi Buat Kota Yang lain

Jadi satu smart city dengan perolehan mengagumkan, pemerintah pusat memandang Pekanbaru jadi tempat bagus untuk implementasi beberapa project percontohan beberapa peningkatan infrastruktur yang bisa memberi inspirasi kota yang lain.

Bekerja sama-sama dengan beberapa kementerian, smart city Pekanbaru ini terus meningkatkan project percontohan yang sentuh beberapa segi -- baik infrastruktur perairan atau angkutan umum massal, pembaharuan wilayah, pariwisata, kesejahteraan sosial atau pembentukan lokasi industri Tenayan Eco Industrial Park.
Artikel Terkait : pengertian konstitusi menurut para ahli

Gak cuma itu, Pekanbaru terhitung dalam pergerakan 100 Smart City dimana ide yang diusung oleh Pekanbaru ini bisa dijelaskan berlainan. Sekarang, Pekanbaru mengambil ide smart government serta smart mobility jadi pilar khusus bersama dengan 4 pilar yang lain ialah smart people, smart economy, smart environment serta smart living.

Karena kecepatan Pekanbaru dalam mengaplikasikan program baru, kerap kota ini jadikan jadi referensi wilayah yang lain. Salah satunya ialah Mal Layanan Publik (MPP) , Pemberdayaan Warga Berbasiskan Rumah Beribadah, Pemberdayaan Warga Berbasiskan Rukun Penduduk (PMB-RW) . Diluar itu, ada juga kartu Smart Madani yang mengambil ide satu kartu untuk seluruhnya baik untuk bertransaksi jadi uang elektronik atau jadi jatidiri lantaran terkoneksi dengan data kependudukan.

No comments:

Post a Comment