Friday, April 5, 2019

Yuk Intip Mengenal Sejarah Internet

Internet atau World Wide Situs (www) berusia 30 tahun pada 11 Maret tempo hari. Tapi, memang histori internet udah di awali semenjak lima puluh tahun yang lalu. Umur 30 tahun ini terhitung dari akses World Wide Situs yg difokuskan untuk publik diketemukan pada 1989.

Sepanjang itu pula internet sudah berkembang serta berubah menjadi kesatuan pola hidup yg tidak terpisahkan dari sehari-harinya kita. Mulai untuk memperoleh berita, membeli transportasi dan makanan, beli ticket, bahkan juga kerja, bisa dikerjakan dengan gampang lewat sentuhan jari.

Rancangan kerja Internet sendiri yaitu mempertautkan computer pemakai dengan komputer-komputer berbeda di penjuru dunia, sangat mungkin pemakai yg terjalin untuk sama sama berhubungan. Dari rancangan tersebut, panggilan online yg bermakna 'dalam jaringan' lahir.


Berikut beberapa poin penting dalam histori internet, sampai berubah menjadi segi pembentuk peradaban moderen kita waktu ini.

1969 : Internet dicetuskan
Pada Oktober 1969, peneliti-peneliti di Kampus California di Los Angeles (UCLA) mengupayakan untuk mengirim data dari satu computer ke computer berbeda. Mereka mengupayakan untuk mengirim tiga huruf, adalah 'LOG', ke computer ke dua berbentuk kode biner, di mana computer ke dua nanti bakal memberi tambahan dua huruf , hingga berubah menjadi 'LOGIN'.

Kesuksesan kajian itu melahirkan project ARPANET, yg di kembangkan serta diperuntukan untuk kepentingan militer Amerika Serikat. Mode yg dikatakan jadi pendahulu internet itu makin bertumbuh, dari yg awal mulanya cuma mempertautkan 4 computer, berubah menjadi 13 pada 1970. Pada 1981, sudah ada 231 computer yg terjalin dalam jaringan ARPANET.


1971 : Surat elektronik pertama
Ray Tomlinson, seseorang Amerika, pada tahun 1971, mengirim surat elektronik pertama memakai ARPANET, serta mencetuskan pemanfaatan ikon '@' dalam alamat surel kita waktu ini. Ikon '@' dipakai untuk memisahkan nama pemakai, dengan jaringan yg tengah dipakai.
Ikon " @ " pada alamat e-mail pertama dipakai pada 1971 (Unsplash)

1983 : Komunikasi antar jaringan
Awal mulanya, biar dua computer bisa berkomunikasi kedua-duanya pada sebuah jaringan, dibutuhkan sama dengan 'protokol' berbentuk serangkaian bagian, yg dipastikan oleh pengontrol komunikasi. Pada 1970, Robert Kahn, serta Vinton Cerf, meningkatkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yg sangat mungkin perputaran data dikerjakan tidak cuma dalam computer dengan jaringan yg sama, akan tetapi pula dalam jaringan tidak serupa. Pemanfaatan TCP/IP masih tetap dipakai sampai ini hari. ARPANET mengambil tehnologi ini pada 1 Januari 1983, sangat mungkin pertalian dengan jaringan computer berbeda seperti Kampus. Pada point ini dia, internet ada di dalam wujudnya yg kita kenal saat ini.

1990 : Lahirnya WWW

WWW dicetuskan oleh Team Berners- Lee pada 12 Maret 1989, yg waktu itu kerja untuk lab fisika CERN (Organisasi Eropa untuk Kajian Nuklir) . Dia mengajukan mode manajemen kabar yg terdesentralisasi.
Lihat Juga : pengertian internet dan intranet

Ketika itu, CERN mempunyai beberapa ribu karyawan, serta bertambah banyak dengan masuknya karyawan baru. Begitu susah untuk memperoleh kabar yg mungkin terkait, akan tetapi tak didapati, sebab area buat menyimpan yg tidak serupa tempat.

Usulnya yaitu mode koneksi hypertext, dan penelusuran memakai keyword, yg dikaitkan dengan beberapa informasi sehubungan.
Sulitnya bertukar memberikan file tidak serupa di institusi membawa dampak Team Berners- Lee mencetuskan mode hypertext sebagai semula internet publik. (AFP PHOTO / dpa / Patrick Seeger / Germany OUT)


Lihat pula : Peretas Tengah Giat Produksi Malware
Pada tahun 1990, Robert Cailliau dari Belgia menopang meningkatkan kritikan Berners-Lee. Penemuan ini didasarkan pada dua pilar, adalah : bahasa pemograman HTML, yg sangat mungkin kehadiran situs, dan protokol perputaran hypertext HTTP, yg sangat mungkin pemakai memohon, serta terima situs yg diharapkan.

Mode ini lalu disebarluaskan pada April tahun 1993, serta makin disukai banyak orang bersamaan rilisnya Mosaic pada bulan November. Mosaic adalah situs penjelajah (mesin pencarian) pertama. Banyaknya situs yang bisa dibuka, lalu meledak dari sejumlah juta di awalnya 1990, berubah menjadi 400 juta pada tahun 2000.
Simak Juga  : sejarah internet di Indonesia

2000an : Media sosial, serta fitur mobile
Tahun 2000 mulai berubah menjadi titik pemanfaatan media sosial. Media sosial mulai dibuat pada tahun 2003, sampai satu tahun lalu, Mark Zuckerberg membuat Thefacebook. com yg awalannya diperuntukan untuk mempertautkan mahasiswa-mahasiswa Harvard. Facebook lalu berkembang berubah menjadi satu diantaranya raksasa jejaring sosial dengan kira-kira 2, 3 miliar pemakai.

Pada tahun 2007, Apple mengguncang dunia dengan iPhone, serta mengawali mode telpon seluler cerdas yg kita kenali ini hari, sesaat sepanjang 10 tahun, pelayanan berlanggan untuk mobile broadband sudah bertambah dari 268 juta, berubah menjadi 4, 2 miliar di penjuru dunia.

No comments:

Post a Comment